Ayat Tentang Al Quran Sebagai Syafaat di Akhirat

Huda Nuri

Al Quran bagi umat Islam adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup. Al Quran memiliki petunjuk-petunjuk yang sangat penting dalam menjalani kehidupan di dunia. Selain itu, ayat-ayat yang terkandung dalam Al Quran juga dianggap sebagai syafaat di akhirat nanti.

Pertama-tama, Al Quran sendiri sejak awal sudah memberikan janji sebagai penyembuh dan penolong bagi umat manusia. Hal ini terlihat dalam QS. Al-Isra’ ayat 82 yang berbunyi, “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al Quran itu tidak menambah kepada orang yang zalim selain kerugian.”

Terlepas dari itu, ayat tentang Al Quran sebagai syafaat di akhirat juga terdapat dalam beberapa hadits. Hadits yang paling terkenal mengenai hal ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al-Bahili, “Perumpamaan kitab Allah itu ialah taman yang terdapat di dalam surga. Bukanlah seorang manusia yang membacanya – baik ia hafal ataupun tidak – lalu ia mengkaji dan merenunginya kecuali akan dicatat oleh Allah sebagai kebaikan satu kebaikan (pahala)”.

Dari hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa Al Quran bisa menjadi syafaat di akhirat jika kita membaca, mengkaji, dan merenunginya dengan baik. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus selalu mempelajari isi dan makna dari Al Quran.

Selain itu, ada juga ayat dalam Al Quran yang secara langsung mengenai Al Quran sebagai syafaat. QS. Al-Isra’ ayat 9 berbunyi, “Sesungguhnya Al Quran ini memberi petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal saleh, bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.”

BACA JUGA:   Kenapa Saya Tidak Merasakan Gempa Menurut Islam

Dari ayat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Al Quran memberikan petunjuk jalan yang lebih lurus bagi umat manusia, dan pahala yang besar bagi mereka yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Oleh karena itu, Al Quran berpotensi menjadi syafaat bagi umat manusia di akhirat nanti.

Terakhir, ayat tentang Al Quran sebagai syafaat juga dapat berkaitan dengan doa yang diucapkan oleh umat manusia kepada Allah SWT. QS. Al-Furqan ayat 74, “Dan orang-orang yang berkata: "Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami dari isteri-isteri kami dan keturunan kami yang menjadi penyejuk hati, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."”

Dalam ayat ini, umat manusia meminta kepada Allah SWT untuk diberikan keturunan yang menjadi penyejuk hati dan menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa. Sehingga, jika kelak keturunan tersebut rajin membaca dan mengkaji Al Quran, maka bisa menjadi syafaat bagi diri mereka sendiri dan orang lain di akhirat nanti.

Demikian artikel tentang ayat tentang Al Quran sebagai syafaat di akhirat. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita pada Allah SWT. Aamiin.

Also Read

Bagikan: