Bacaan Sholawat untuk Melunasi Hutang

Dina Yonada

Apabila kita merasa terbebani oleh hutang yang menumpuk dan sulit untuk dilunasi, maka ada sebuah amalan yang bisa kita lakukan yaitu membaca sholawat. Sholawat adalah doa yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk meminta keberkahan dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang kita perbuat, termasuk dosa dalam hal urusan keuangan.

Berikut ini adalah beberapa bacaan sholawat yang bisa kita bacakan untuk memohon kelancaran dalam urusan keuangan dan melunasi hutang kita:

Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah merupakan salah satu sholawat yang sangat dianjurkan untuk membaca ketika sedang ingin memohon sesuatu, termasuk ketika ingin melunasi hutang. Bacaan sholawat ini dapat membuat hati kita tenang dan memohon pertolongan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan sholawat Nariyah:

Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala alihi wa sahbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat atas Nabi Muhammad dan keluarganya serta para sahabatnya dan berilah keselamatan.”

Sholawat Thibbil Qulub

Sholawat Thibbil Qulub juga merupakan sholawat yang sangat dianjurkan untuk membaca ketika sedang ingin memohon kelancaran dalam urusan keuangan dan melunasi hutang. Bacaan sholawat ini dapat membuat hati kita tenang dan lapang, serta memohon pertolongan dan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan sholawat Thibbil Qulub:

Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammadin abdika wa rasuluka, wa ‘ala jami’il mala-ikati wa shahabihi wa azwajihi wa zurriyyatihi wa ahli baitih, wa ‘ala alihi wa shohbihi wa tabi’ihi ila yawmiddin.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat atas Nabi Muhammad, hamba dan rasul-Mu, juga atas seluruh malaikat-Mu, serta para sahabat, istri, keturunan, dan keluarga kekasih-Mu itu, juga atas keluarganya dan para pengikutnya hingga hari kiamat.”

BACA JUGA:   Bisa Dipenjara karena Hutang? Ini Dia Faktanya dan Jangan Panik!

Sholawat Badar

Sholawat Badar juga merupakan sholawat yang sangat dianjurkan untuk membaca ketika sedang ingin memohon kelancaran dalam urusan keuangan dan melunasi hutang. Bacaan sholawat ini dapat membuat hati kita tenang, serta memohon pertolongan dan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan sholawat Badar:

Allahumma yaa ayyuhal haadiroo fi hadzihil majlisil marqumi ‘alal Badriyyi wal ahdaami ilaa ardi qibaamil muqoddasi, naawi man taa’ash shaajaru wa adwaa man sa’adad dzaru.

Artinya: “Ya Allah, yang hadir di majlis ini. Kami panjatkan doa kepada-Mu dengan keadaan kami berada di tempat yang bersejarah Badar yang penuh dengan keberkahan. Kami meminta ampun untuk dosa kami, dan memohon dengan penuh kerendahan hati di dekat tempat yang penuh keberkahan, semoga Anda memberi kami kemudahan dalam membayar hutang kami.”

Sholawat Ismul A’zhom

Sholawat Ismul A’zhom juga bisa dijadikan pilihan untuk digunakan ketika ingin memohon kelancaran dalam urusan keuangan dan melunasi hutang. Bacaan sholawat ini termasuk sholawat yang sangat mustajab, karena menggunakan nama-nama Allah SWT yang agung. Berikut ini adalah bacaan sholawat Ismul A’zhom:

Allahumma yaa robbi bi haqqi Ismikal A’zhom alladzi idzoo dzukirta bihi nazarattisy syuhadaai wasyafa’tal mukminin wa yaa rahmanu bi haqqi man sallahat lahul umahatul mu’minin, wa yaa maliiku bi haqqi man taskana fi mamlakatil muluk haqqiq lahu al mulku wal jabaruutu wasy syuhudaai wat tawali wal anbiyaa’i wasy syuhadaai alladzi yataraddadha fi zaatika bil jihati wal subuhti wa yaa jami’al khairi fi qurunil quruni bi-haqqi ayatin fat-luha fi dhalika li-dzikrika yarhamarrahimina wasfira zhanbina.

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu dengan hak nama-Mu yang agung, yang digunakan untuk memerintahkan para saksi dan malaikat, memohon syafaat dari para mukmin, serta memohon kebaikan bagi kaum muslimin. Ya Allah, dengan hak orang yang bertakwa kepada-Mu, termasuk para ibu muslimin. Ya Allah, dengan baik dari yang kamu kuasai dan yang kamu perintah, dan kekuasaan-Mu dan kerajaan-Mulah yang sempurna. Ya Allah, jadikanlah sholawat ini sebagai sarana untuk mengingat-Mu, menghilangkan dosa-dosa kita, dan meminta rahmat-Mu.”

BACA JUGA:   Sindiran Menagih Hutang

Kesimpulan

Bacaan sholawat adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain meminta keberkahan, sholawat juga bisa digunakan sebagai sarana untuk memohon kelancaran dalam urusan keuangan dan melunasi hutang kita. Berbagai jenis sholawat bisa kita baca, seperti Sholawat Nariyah, Sholawat Thibbil Qulub, Sholawat Badar, dan Sholawat Ismul A’zhom. Jangan pernah ragu untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT, dan jangan lupa untuk selalu berusaha dan berdoa dengan tulus agar seluruh urusan kita bisa berjalan lancar dan mendapat berkah dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan: