Sedikit Hal Hal Penting Tentang Zakat Fitrah

Huda Nuri

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan seorang muslim pada akhir Ramadhan atau menjelang Idul Fitri. Pemberian zakat fitrah memiliki peran penting dalam membersihkan harta dan jiwa seorang muslim. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui seputar zakat fitrah.

Makna dari Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan pada saat Idul Fitri untuk membersihkan jiwa dan harta seorang muslim. Pemberian zakat fitrah juga sebagai ungkapan syukur atas nikmat kehidupan yang diberikan Allah dan sebagai sarana membantu saudara-saudara muslim yang kurang mampu.

Besar Zakat Fitrah yang Wajib Dikeluarkan

Besar zakat fitrah yang wajib dikeluarkan pada hari raya Idul Fitri adalah setara dengan satu sha’ (3,5 liter) makanan pokok yang umum dikonsumsi penduduk setempat. Jadi, dalam setiap daerah dan negara, jumlah zakat fitrah yang wajib dikeluarkan akan berbeda.

Waktu Pemberian Zakat Fitrah

Zakat fitrah bisa dikeluarkan pada saat memasuki bulan Ramadhan, tetapi sebaiknya dikeluarkan pada waktu Idul Fitri. Pemberian zakat fitrah juga bisa dilakukan sebelum waktu sholat Idul Fitri. Jadi, pastikan untuk memberikan zakat fitrah sebelum waktu sholat Idul Fitri tiba.

Cara Penghitungan Zakat Fitrah

Perhitungan zakat fitrah dapat dilakukan dengan mengalikan jumlah anggota keluarga dengan besarnya zakat fitrah yang berlaku di daerah tersebut. Jadi, jika di daerahmu besarnya zakat fitrah adalah Rp 25.000,-, maka untuk sebuah keluarga yang terdiri dari 4 orang, jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah Rp 100.000,-.

BACA JUGA:   Hamba Sahaya Tidak Wajib Berzakat Karena Kondisi Ekonominya

Barang yang Boleh Diberikan sebagai Zakat Fitrah

Barang yang boleh diberikan sebagai zakat fitrah antara lain adalah beras, gandum, tepung, kismis, kurma, dan lain-lain. Namun, sebaiknya pilihlah bahan pangan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat di daerahmu.

Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Orang yang berhak menerima zakat fitrah adalah orang yang kurang mampu. Sebaiknya, zakat fitrah diberikan kepada orang yang tinggal di sekitar tempat tinggalmu. Namun, jika tidak ada yang kurang mampu di sekitar tempat tinggalmu, bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan di luar daerahmu.

Keutamaan Pemberian Zakat Fitrah

Pemberian zakat fitrah memiliki banyak keutamaan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu orang yang kurang mampu
  2. Membersihkan harta dan jiwa seorang muslim
  3. Menghindarkan dari kemunafikan
  4. Membuka pintu rejeki

Kesimpulan

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada saat Idul Fitri. Pemberian zakat fitrah memiliki banyak manfaat dan keutamaan, selain membantu orang yang kurang mampu, juga sebagai pembuka pintu rejeki dan membersihkan harta dan jiwa seorang muslim. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan zakat fitrah pada Idul Fitri nanti.

Also Read

Bagikan: