Ayat Al-Quran Tentang Keindahan Alam

Huda Nuri

Alam semesta menciptakan keindahan yang luar biasa. Al-Quran banyak menyebutkan tentang keindahan alam dan menunjukkan bahwa ciptaan Allah sangat sempurna dan harmonis.

Mengagumi Keindahan Alam

Allah SWT sangat jelas dalam menjelaskan keindahan alam, Dia membanggakan ciptaan-Nya. Allah pun menekankan bahwa keindahan alam adalah salah satu bukti kebesaran-Nya. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 164, Allah menyatakan:

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di lautan membawa yang berguna bagi manusia, air yang Allah turunkan dari langit, yang membangkitkan kembali bumi sesudah matinya dan menjadikan padanya segala tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat, angin yang kibas, dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan” (QS. Al-Baqarah: 164).

Keindahan alam sangat banyak, seperti gunung, hutan, laut, bunga, burung, dan lain-lain. Semua itu dapat menjadi lambang bahwa Allah SWT menciptakan sekaligus mendorong manusia untuk selalu bersyukur dan semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Mengolah dan Memanfaatkan Alam dengan Bijak

Selain sebagai keindahan dan kebesaran, alam juga sebagai sumber kehidupan bagi segala makhluk hidup di dunia. Oleh karena itu, manusia haruslah memperlakui seluruh ciptaan Allah dengan pandai dan bijak. Manusia dapat memanfaatkan keindahan alam dengan cara yang menghargai, menjaga, dan merawatnya.

Allah SWT menyatakan dalam Surah Al-An’am ayat 141:

“Dan Dia lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di bumi dan Ia meninggikan sebagian kamu atas sebagian yang lain, untuk memeriksa kamu dalam apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-An’am: 141).

Manusia seharusnya membuat kebijakan yang dapat memperbaiki keadaan alam dan menyeimbangkan antara pemanfaatan alam dan perlindungan alam. Allah sangat menyukai perilaku bijak dan selaras dengan kehendak-Nya.

BACA JUGA:   Rumah Sakit Pertama di Dunia: Sejarah dan Perkembangan yang Mapan

Kesimpulan

Kecantikan dan kebesaran alam semestinya membuat manusia lebih dekat dengan Allah SWT. Semua keindahan yang tercipta dalam kehidupan ini merupakan anugrah terindah dari Allah, penyembahan yang terbaik untuk Dia adalah menjaga dan merawat ciptaan-Nya dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, manusia harus tetap menempatkan kelestarian alam menjadi prioritas dan memanfaatkan alam dengan kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai khalifah di dunia. Dengan demikian, tidak hanya harmoni antara umat manusia, tetapi juga simbiosis mutualisme antara manusia dengan alam semesta dapat terwujud dengan lancar.

Also Read

Bagikan: