Bolehkah Zakat Fitrah Diberikan kepada Orang Tua?

Dina Yonada

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib untuk dikeluarkan oleh seorang Muslim yang mampu. Zakat fitrah sendiri adalah zakat yang harus dikeluarkan sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Sesuai dengan aturan zakat fitrah, pemberi zakat fitrah harus memberikan zakat kepada orang yang membutuhkan. Namun, apakah zakat fitrah dapat diberikan kepada orang tua?

Zakat Fitrah

Sebelum membahas apakah zakat fitrah dapat diberikan kepada orang tua, mari kita perjelas terlebih dahulu mengenai zakat fitrah itu sendiri. Zakat fitrah adalah zakat yang diberikan karena wajib atas setiap orang Islam yang mampu pada saat berakhirnya bulan Ramadan. Zakat fitrah biasanya diberikan dalam bentuk bahan makanan pokok seperti beras, gandum, atau kurma.

Zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan jiwa dan menolong orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita. Oleh karena itu, penerima zakat fitrah haruslah orang yang memerlukan. Namun, apakah orang tua termasuk dalam kategori orang yang memerlukan?

Bolehkah Zakat Fitrah Diberikan kepada Orang Tua?

Pertanyaan besar yang kerap kali muncul adalah bolehkah zakat fitrah diberikan kepada orang tua? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut, kita perlu memahami terlebih dahulu apakah orang tua termasuk dalam kategori orang yang membutuhkan.

Berdasarkan pengertian zakat fitrah sebelumnya, penerima zakat fitrah adalah orang yang membutuhkan. Orang yang membutuhkan tersebut dapat berupa orang miskin, yatim piatu, fakir, dan lain sebagainya. Sedangkan orang tua sendiri tidak selalu masuk ke dalam kategori orang yang membutuhkan.

Meskipun demikian, zakat fitrah dapat diberikan kepada orang tua. Namun, hal tersebut harus dilakukan dengan catatan bahwa orang tua yang menerima zakat fitrah tersebut memiliki kriteria orang yang membutuhkan. Misalnya saja, orang tua tersebut memang benar-benar memerlukan bantuan keuangan karena tidak ada penghasilan yang tetap atau menderita sakit yang membuatnya tidak bisa bekerja.

BACA JUGA:   Zakat pada Masa Nabi Muhammad

Kesimpulan

Dalam Islam, pemberian zakat fitrah sangat dianjurkan. Namun, sebagai umat Islam yang baik, kita harus memahami terlebih dahulu mengenai aturan-aturan zakat fitrah yang telah ditetapkan. Meskipun orang tua tidak selalu masuk di dalam kategori orang yang membutuhkan, zakat fitrah tetap dapat diberikan kepada orang tua yang memenuhi kriteria orang yang membutuhkan.

Berdasarkan pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa zakat fitrah dapat diberikan kepada orang tua. Namun, kita harus memahami terlebih dahulu apakah orang tua tersebut memang memenuhi kriteria penerima zakat fitrah. Sehingga dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa zakat fitrah yang diberikan akan benar-benar sampai ke tangan orang yang memerlukan.

Also Read

Bagikan: