Menjelaskan Persoalan Apakah Zina Benar-benar Dapat Menutup Pintu Rezeki yang Seharusnya Diketahui Muslim

Huda Nuri

Menjelaskan Persoalan Apakah Zina Benar-benar Dapat Menutup Pintu Rezeki yang Seharusnya Diketahui Muslim
Menjelaskan Persoalan Apakah Zina Benar-benar Dapat Menutup Pintu Rezeki yang Seharusnya Diketahui Muslim

Apakah Zina Bisa Menutup Pintu Rezeki?

Perbuatan Dosa dan Pengaruhnya terhadap Rezeki

Pengertian rezeki dalam pandangan agama Islam adalah segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Rezeki tidak hanya berupa harta atau uang, melainkan juga termasuk rizki berupa keluasan hati, ketenangan jiwa, serta kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, setiap muslim harus menjaga dan memperbanyak rezekinya.

Perbuatan dosa seperti riba, ria, zina, syirik, durhaka pada orang tua, makan dari hasil uang haram, merendahkan orang lain, bahkan iri dengan orang lain adalah di antara perbuatan dosa yang menghalangi datangnya rezeki.

Dalam hal ini, zina termasuk salah satu dosa yang sangat merugikan. Selain menghilangkan kehormatan dan keutuhan tubuh seseorang, zina juga akan menutup pintu rezeki bagi pelakunya.

Alasan Zina Bisa Menutup Pintu Rezeki

Pertama, zina merupakan perbuatan maksiat yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebagaimana yang tertulis pada surat Al-Isra ayat 32:

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”

Al-Quran sangat tegas dalam menolak perbuatan zina. Karena itu, Allah SWT akan mengekang rizki kepada pelaku zina.

Kedua, zina juga akan membawa dampak negatif pada mental dan kesehatan pelakunya. Seorang pelaku zina akan merasa gelisah, cemas, dan takut didatangi oleh orang yang terlibat dalam perbuatan tersebut. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas pekerjaan dan produktivitas pekerjaan, serta kemampuan untuk mencari rezeki yang baik.

Ketiga, zina akan menurunkan derajat pelakunya di mata Allah SWT. Allah SWT akan menurunkan kemuliaan dan keberkahan dari setiap perbuatan yang dilakukan oleh pelaku zina. Hal ini tentunya akan berdampak pada turunnya kualitas rezeki pelaku zina, bahkan bisa menjadi tidak berkah.

BACA JUGA:   Mengapa Seseorang Melakukan Zina? Faktor-Faktor Utama yang Mendorong Terjadinya Tindakan Terlarang

Penyelesaian

Oleh karena itu, seorang muslim harus menjaga diri dari perbuatan zina. Sebagai pengganti perbuatan zina, lakukanlah aktivitas yang positif dan bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dalam mencari rezeki yang halal dan berkah.

Sebagai tambahan, perbanyaklah membaca Al-Quran, shalat, dan berzakat karena hal ini akan membuka pintu rezeki yang luas. Selain itu, hindari perbuatan dosa lainnya seperti riba, merendahkan orang lain, makan dari hasil uang haram, dan sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa perbuatan dosa seperti zina bisa menutup pintu rezeki bagi pelakunya. Allah SWT mengingatkan agar kita senantiasa menjauhi dosa dan bersegera melakukan kebaikan, sehingga pintu rezeki akan terbuka lebar. Sebagai muslim, kita harus selalu berbuat baik dan berdoa kepada Allah SWT agar memperoleh rezeki yang berkah dan halal.

Also Read

Bagikan:

Tags