Pentingnya Mengutamakan Membayar Hutang Menurut Pandangan Syaikh Badrudiin Al Aini

Huda Nuri

Pentingnya Mengutamakan Membayar Hutang Menurut Pandangan Syaikh Badrudiin Al Aini
Pentingnya Mengutamakan Membayar Hutang Menurut Pandangan Syaikh Badrudiin Al Aini

Sedekah atau Bayar Hutang, Mana yang Lebih Penting?

Menurut Syaikh Badrudiin Al Aini

Dalam Islam, sedekah dan membayar hutang adalah dua hal yang sangat penting. Namun, apabila kita harus memilih antara keduanya, mana yang seharusnya kita lebih dahulukan? Menurut Syaikh Badrudiin Al Aini, seorang ulama besar dari Mesir yang terkenal dengan karya-karyanya yang mengupas berbagai permasalahan agama, membayar hutang seharusnya didahulukan sebelum bersedekah.

Sebagaimana dikutip dari salah satu karya beliau yang berjudul “Al-Binayah Syarh Shahihi Muslim”, Syaikh Badruddin mengatakan bahwa membayar hutang lebih utama daripada bersedekah. Ia menjelaskan bahwa membayar hutang adalah bagian dari kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang, sementara sedekah adalah sesuatu yang sunnah atau dianjurkan dalam Islam.

Mengapa Membayar Hutang diutamakan?

Membayar hutang diutamakan karena itu adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi sebelum melakukan hal-hal lainnya. Hutang merupakan sebuah kewajiban yang harus dibayar secara penuh karena telah menjadi hak orang lain. Jika seseorang berhutang dan belum membayarnya, maka ia tidak berhak melakukan hal-hal lain sebelum hutangnya dilunasi.

Segala bentuk hutang, termasuk hutang piutang, hutang bank, ataupun hutang sebagai akibat utang-utang yang belum terbayar sebelumnya, harus segera dibayar secepat mungkin. Hal ini dilakukan agar seseorang tidak terbebani dengan hutang yang terus menumpuk dan menyebabkan masalah keuangan yang serius.

Lantas, Apa Hukum Sedekah dalam Islam?

Sedekah juga memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Syaikh Badrudiin bahwa sedekah adalah sesuatu yang sunnah, atau dianjurkan. Sedekah memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Di antaranya adalah:

BACA JUGA:   Cara Melunasi Hutang BTPN

– Sedekah membawa keberkahan dalam hidup
– Sedekah dapat menghapus dosa
– Sedekah dapat meningkatkan derajat seseorang di sisi Allah SWT
– Sedekah membuat orang yang menerima merasa bahagia dan terbantu

Oleh karena itu, meskipun membayar hutang lebih didahulukan, namun sedekah juga harus tetap dilakukan sebanyak-banyaknya. Sedekah merupakan amal baik yang memiliki keutamaan dan pahala besar di sisi Allah SWT.

Kesimpulan

Membayar hutang dan bersedekah adalah dua hal yang sangat penting dalam Islam. Namun, jika kita harus memilih, maka membayar hutang seharusnya didahulukan sebelum bersedekah. Sebab membayar hutang adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi sebelum melakukan hal-hal lainnya, sementara sedekah adalah sesuatu yang sunnah atau dianjurkan.

Namun, tidak berarti kita tidak perlu bersedekah. Sedekah tetap merupakan amal baik yang harus tetap dilakukan sebanyak-banyaknya. Semua amal baik memiliki keutamaan dan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus senantiasa menjaga diri agar tidak berhutang tanpa memiliki rencana untuk membayarnya. Kita juga harus senantiasa berusaha untuk bersedekah sebanyak-banyaknya, baik itu dengan harta, tenaga, maupun ilmu yang kita miliki. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita hidayah dan kekuatan untuk melaksanakan semua kewajiban dan sunnah dalam agama Islam. Aamiin.

Also Read

Bagikan:

Tags