Menikah Melebur Setengah Agama: Pembuktian Hadits Tentang Pentingnya Nikah Dalam Melindungi Diri dari Zina

Dina Yonada

Menikah Melebur Setengah Agama: Pembuktian Hadits Tentang Pentingnya Nikah Dalam Melindungi Diri dari Zina
Menikah Melebur Setengah Agama: Pembuktian Hadits Tentang Pentingnya Nikah Dalam Melindungi Diri dari Zina

Menikah Itu Menyempurnakan Apa?

Mungkin pertanyaan di atas pernah muncul di benakmu, terutama jika kamu sudah menikah atau sedang mempertimbangkan untuk menikah. Ya, menikah memang merupakan sebuah keputusan besar yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

Sebagai umat Islam, ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Siapa yang menikah berarti dia telah menyempurnakan setengah agamanya. Karena itu bertaqwalah kepada Allah untuk setengah yang kedua.” Makna hadits ini bahwa nikah itu melindungi orang dari zina.

Namun, apa yang sebenarnya menyempurnakan dari pernikahan? Apakah sekadar untuk melindungi diri dari perbuatan tercela atau ada hal lain yang lebih dalam maknanya?

Menemukan Pasangan Hidup yang Tepat

Menikah memungkinkan kita untuk menemukan pasangan hidup yang tepat. Pasangan hidup yang baik dapat saling mendukung dan menjadi pelengkap satu sama lain dalam menjalani hidup. Terlebih lagi, memilih pasangan hidup yang seiman dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi.

Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa ketenangan dan ketentraman hatimu, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berpikir.”

Dari ayat tersebut, kita dapat memahami bahwa pasangan hidup yang tepat dapat memberikan ketenangan dan ketentraman hati. Karenanya, memilih pasangan hidup yang tepat adalah hal yang penting dalam menikah.

Membentuk Keluarga Sakinah

Menikah juga memungkinkan kita untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21.

BACA JUGA:   Hukum Akad Nikah Tanpa Adanya Wali

Dalam sebuah keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah, setiap anggota keluarga memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Pasangan suami-istri saling mendukung satu sama lain dalam memenuhi kebutuhan keluarga dan menjalankan tugas-tugas sebagai orang tua.

Anak-anak akan tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang penuh cinta kasih dan dukungan. Dalam keluarga ini, setiap anggota keluarga merasa dihargai dan dihormati.

Peningkatan Kualitas Hidup

Menikah juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Ketika menikah, kita dapat memiliki pasangan hidup yang dapat membantu kita meningkatkan diri, baik dalam segi spiritual maupun materi.

Dalam segi materi, pasangan hidup dapat membantu untuk mengelola pengeluaran dan berkembang bersama dalam mencapai tujuan keuangan yang lebih besar. Sementara dalam segi spiritual, dapat saling mengingatkan dan memberikan dukungan dalam menjalankan ibadah.

Meningkatkan Keutamaan

Menikah juga dapat meningkatkan keutamaan dalam Islam. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya.” (An-Nur: 32)

Dalam surat tersebut, Allah SWT menyarankan untuk membantu mereka yang ingin menikah namun tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup. Dengan membantu mereka menikah, kita dapat meningkatkan keutamaan kita di hadapan Allah SWT.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa menikah memiliki banyak manfaat dan keutamaan dalam Islam. Menikah melindungi diri dari perbuatan tercela, membantu menemukan pasangan hidup yang tepat, membentuk keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah, meningkatkan kualitas hidup serta meningkatkan keutamaan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk menikah, tetaplah berdoa dan berusaha mencari pasangan hidup yang tepat, agar dapat memperoleh manfaat dan keutamaan dari menikah seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

Also Read

Bagikan:

Tags