Hukum dan Perspektif Menikah dengan Sepupu di dalam Agama Islam

Dina Yonada

Hukum dan Perspektif Menikah dengan Sepupu di dalam Agama Islam
Hukum dan Perspektif Menikah dengan Sepupu di dalam Agama Islam

Apa Hukum Menikah Dengan Sepupu Sendiri?

Masyarakat Indonesia memiliki budaya yang sangat kuat dalam hal keluarga. Hal ini membuat masyarakat Indonesia menganggap pernikahan antara sepupu sendiri sebagai hal yang tabu. Namun, dalam Islam, tidak semua jalinan hubungan keluarga dianggap sebagai hubungan mahram yang dilarang untuk dinikahi. Apakah menikahi sepupu sendiri boleh dalam Islam?

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT menjelaskan mengenai hubungan mahram dalam surat An-Nisa ayat 23, “…. dan dilarangkah menikahi ibu kandungmu, anak perempuanmu, saudara perempuanmu, saudara laki-lakimu, saudara perempuan dari saudara laki-laki mu…”, namun tidak ada kata-kata yang melarang untuk menikahi sepupu sendiri.

Di banyak negara, menikah dengan sepupu sendiri dilarang dengan undang-undang, namun dalam Islam, menikah dengan sepupu sendiri tetap diperbolehkan. Apabila sepupu Anda tidak termasuk dalam kategori haram atau mahram menurut hukum Islam, maka menikahi sepupu Anda sendiri dianggap halal sesuai dengan hukum agama.

Namun, apakah hal itu etis untuk dilakukan? Menikah dengan sepupu sendiri dapat menimbulkan risiko keturunan dengan kondisi medis yang buruk. Menurut beberapa studi, kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada keturunan dari sepupu masih lebih besar dibandingkan dengan perkawinan yang terjadi antara orang yang tidak berkerabat.

Meskipun tidak ada larangan untuk menikahi sepupu sendiri dalam Islam, namun pernikahan yang terjadi di antara sepupu sendiri memang menjadi kontroversi di banyak negara. Namun, apabila sepupu Anda bukan termasuk dalam kategori haram, maka pernikahan sepupu sendiri masih diharuskan dirujuk pada ajaran agama serta aturan hukum yang berlaku.

Kesimpulan

Dalam ajaran Islam, menikah dengan sepupu sendiri tetap diperbolehkan apabila tidak termasuk dalam kategori haram atau mahram. Namun, dalam beberapa negara, menikahi sepupu sendiri dilarang dengan undang-undang. Meskipun pernikahan dengan sepupu sendiri masih menjadi kontroversi, namun apabila memang diharuskan untuk dilakukan, maka sebaiknya dirujuk pada ajaran agama dan aturan hukum yang berlaku.

BACA JUGA:   Mengapa Menikah Adalah Anjuran Allah? Temukan Jawabannya Di Sini!

Also Read

Bagikan:

Tags