Persiapan Pernikahan di Tahun 2023: Menghitung Biaya Nikah di KUA

Dina Yonada

Persiapan Pernikahan di Tahun 2023: Menghitung Biaya Nikah di KUA
Persiapan Pernikahan di Tahun 2023: Menghitung Biaya Nikah di KUA

Biaya Nikah di KUA 2023

Saat calon pengantin ingin menikah di KUA, terdapat beberapa hal yang menjadikan biaya nikah akan dikeluarkan. Menjadi penting untuk mengetahui biaya nikah di KUA tahun 2023 bagi pasangan calon pengantin. Berdasarkan informasi dari Kementerian Agama, biaya nikah di KUA tahun 2023 saat ini gratis selama dilangsungkan pada hari dan jam kerja. Namun, bila pasangan calon pengantin hendak melaksanakan prosesi akad nikah di luar KUA dan di luar jam kerja, akan dikenakan biaya Rp600 ribu sebagai biaya yang akan dikeluarkan.

Melihat pentingnya momen akad nikah, ada beberapa hal yang dapat membantu calon pengantin dalam menyiapkan biaya nikah di KUA tahun 2023, diantaranya:

1. Persyaratan Nikah di KUA

Sebelum menikah di KUA, pasangan calon pengantin harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Beberapa persyaratan tersebut yaitu:

  • Surat Rekomendasi Nikah dari Kecamatan atau Kelurahan
  • Akta Kelahiran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Keterangan Tidak Memiliki Pasangan dari Kelurahan dan KUA
  • Syarat bagi pria yang ingin menikah di KUA harus memiliki usia minimal 19 tahun. Sedangkan, syarat bagi wanita yang ingin menikah di KUA harus memiliki usia minimal 16 tahun

Setelah calon pengantin mengumpulkan persyaratan tersebut maka mereka akan dijadwalkan untuk melangsungkan pernikahan. Pada hari dan jam kerja biaya nikah di KUA saat ini gratis.

2. Biaya Nikah di KUA Diluar Hari Kerja

Saat pengantin hendak melangsungkan acara nikah di luar hari kerja di KUA akan dikenakan biaya sebesar Rp600 ribu. Biaya tersebut biasanya dikenakan oleh pasangan calon pengantin yang hendak melangsungkan acara nikah pada akhir pekan atau hari raya. **Namun**, biaya tersebut tidak berlaku bagi calon pengantin yang menikah pada hari kerja di KUA.

BACA JUGA:   Mencukur Bulu Kemaluan Sebelum Menikah: Sunnah atau Kewajiban?

3. Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Menikah di KUA

Selain biaya nikah di KUA, pasangan calon pengantin juga harus mempersiapkan beberapa hal penting lainnya. Beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Membeli pakaian untuk acara resepsi dan pernikahan
  • Membuat undangan pernikahan
  • Menyewa dekorasi dan properti untuk acara pernikahan di rumah atau acara resepsi
  • Memilih catering atau pengelola masakan dan makanan di pernikahan
  • Mempersiapkan tempat menginap bagi tamu
  • Menyiapkan transportasi bagi keluarga besar
  • Menyewa mobil pengantin, MC, grup musik, dan dokumentasi untuk acara pernikahan (Jika diinginkan)

Walaupun menikah di Kantor Urusan Agama tergolong murah, namun pengantin tetap harus mempersiapkan biaya untuk melangsungkan pernikahan. Intinya adalah kesiapan dan kreativitas pengantin dalam menghadapi segala tantangan dan biaya yang akan di keluarkan.

Dari semua hal tersebut, calon pengantin diharapkan mampu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan baik-baik sehingga biaya nikah di KUA pada tahun 2023 dapat dipersiapkan dan dijalankan dengan lancar tanpa ada kendala dan beban yang berlebihan. Momen pernikahan adalah momen yang tidak bisa kembali lagi. Oleh karena itu, keluarga dan pasangan pengantin harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, serta tidak lupa selalu bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

Also Read

Bagikan:

Tags