Suntik TT Sebelum Menikah: Pentingnya Melakukan Vaksinasi Untuk Mencegah Penyakit Tetanus

Dina Yonada

Suntik TT Sebelum Menikah: Pentingnya Melakukan Vaksinasi Untuk Mencegah Penyakit Tetanus
Suntik TT Sebelum Menikah: Pentingnya Melakukan Vaksinasi Untuk Mencegah Penyakit Tetanus

Suntik Sebelum Menikah Namanya Apa?

Pengertian Suntik TT Sebelum Menikah

Sejak dulu, persiapan sebelum menikah dikenal wajib dilakukan calon pengantin. Salah satunya adalah suntik TT. Suntik TT atau vaksin Tetanus Toxoid adalah imunisasi yang bertujuan mencegah penyakit tetanus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang biasanya masuk melalui luka terbuka di kulit atau lainnya. Suntik TT juga penting untuk mencegah risiko infeksi pada ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Suntik TT Sebelum Menikah

Suntik TT harus dijalankan setidaknya satu bulan sebelum waktu pernikahan. Karena booster suntik yang diberikan, pastikan interval terakhir dari suntik TT harus tidak kurang dari 10 tahun.
Para calon pengantin khususnya calon pengantin wanita, sangat disarankan melakukan suntik TT sebelum menikah. Jika belum pernah mendapat suntik TT sebelumnya maka, disarankan untuk mendapatkannya. Suntik TT juga dijadikan sebagai bagian dari persyaratan pendaftaran pernikahan di beberapa gedung pernikahan.

Manfaat Melakukan Suntik TT Sebelum Menikah

Melakukan suntik TT sebelum menikah sangat penting dan memiliki banyak manfaat antara lain:

  • Suntik TT membuat tubuh akan terlindungi dari virus tetanus selama minimum 10 tahun,
  • Suntik TT aman untuk dilakukan pada ibu hamil dan bayi,
  • Suntik TT dapat mengurangi risiko kematian akibat tetanus, khususnya pada bayi baru lahir,
  • Suntik TT meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan.
  • Bagaimana Proses Penyuntikan TT Sebelum Menikah?

    Suntik TT sebelum menikah dapat didapatkan melalui puskesmas, klinik atau rumah sakit. Suntik TT sendiri terdiri dari 3 dosis, dimana intervalnya minimal 4 minggu secara bertahap. Bagi calon pengantin wanita, suntik TT harus diberikan setidaknya satu bulan sebelum tanggal pernikahan. Namun jika baru mengambil suntik pertama, suntik silang kedua harus diambil dalam jangka waktu 4 minggu dari suntik pertama dan suntikan silang ketiga 6 bulan dari suntik kedua.

    BACA JUGA:   Hukum Pernikahan Mubah: Nikah Halal Tanpa Harus Wajib

    Kesimpulan

    Suntik TT adalah langkah pencegahan yang sangat penting bagi calon pengantin, terutama calon pengantin wanita. Vaksinasi ini telah terbukti efektif untuk mencegah risiko infeksi tetanus. Suntik TT juga mudah didapatkan di klinik, rumah sakit atau puskesmas terdekat. Dengan melakukan suntik TT, calon pengantin dapat mengurangi risiko tetanus dan menjaga kesehatan diri sendiri, calon pasangan dan juga bagi bayi yang dikandung oleh pasangan tersebut. Oleh karena itu, sebelum melangsungkan pernikahan, ingatlah untuk melakukan suntik TT beberapa minggu sebelum pernikahan.

    Also Read

    Bagikan:

    Tags