Pernikahan Adat Batak: Serba Mewah dan Termahal di Indonesia

Dina Yonada

Pernikahan Adat Batak: Serba Mewah dan Termahal di Indonesia
Pernikahan Adat Batak: Serba Mewah dan Termahal di Indonesia

Akad Nikah Termahal di Indonesia? Ini Dia Pernikahan Adat Termahal Pertama di Indonesia

Sejarah Pernikahan Adat Batak

Pernikahan adalah momen yang sangat berharga bagi setiap orang. Hal ini membuat pasangan mempelai menyiapkan segala sesuatunya secara matang dan meriah. Salah satu pernikahan adat yang terkenal dan termahal di Indonesia adalah pernikahan Adat Batak.

Pernikahan Adat Batak di Indonesia pertama kali tercatat pada masa Kerajaan Batak sekitar abad ke-18. Saat itu, pihak keluarga pihak perempuan yang ditemui terlebih dahulu oleh calon pengantin dari pihak laki-laki. Setelah janji pernikahan disepakati, pihak laki-laki mengirimkan pakaian dan perhiasan kepada calon pengantin perempuan sebagai tanda keseriusannya.

Kemudian, kedua keluarga akan membuat perjanjian adat tentang mas kawin atau uang yang diberikan sebagai tanda keseriusan pernikahan. Selanjutnya, kedua keluarga akan menentukan tanggal dan hari pernikahan serta jumlah pengiring dan tamu undangan.

Rangkaian Perkawinan Adat Batak

Pernikahan adat Batak melibatkan banyak rangkaian pernikahan. Beberapa rangkaian yang paling mahal adalah sebagai berikut:

  1. Marpitu
  2. Marpitu adalah sebuah acara perkenalan antara pihak keluarga mempelai dan merupakana tahapan pertama dalam rangkaian pernikahan adat Batak. Dalam acara ini, pihak keluarga membawa seserahan berupa mas kawin dan perlengkapan adat. Mas Kawin adalah uang yang diberikan oleh pihak keluarga pengantin laki-laki kepada keluarga pengantin perempuan.

  3. Madodu
  4. Madodu adalah rangkaian upacara dalam pernikahan Batak yang dilakukan sebelum hari pernikahan. Acara ini dilakukan untuk memohon restu agar acara pernikahan dilancarkan dan diproses lancar tanpa halangan ataupun kendala lainnya.

  5. Mangalap Sitoluama
  6. Acara Mangalap Sitoluama adalah acara yang dilakukan pada hari H pernikahan. Biasanya acara Mangalap Sitoluama ini dilakukan sebelum matahari terbit. Pada saat acara ini, keluarga mempelai mempersiapkan segala sesuatu untuk acara pernikahan dengan meriah. Mereka mulai memasang tenda, membuat kue-kue tradisional dan hidangan khas Batak.

  7. Manggalak Gondang
  8. Manggalak Gondang adalah acara yang dilakukan pada awal pernikahan Batak. Acara ini dilakukan saat keluarga mempelai mengundang para tamu undangan dan banyak keluarga besarnya yang lainnya hadir. Mereka makan bersama dan mengadakan upacara doa bersama.

    Simpulan

    Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pernikahan adat termahal pertama di Indonesia adalah pernikahan Adat Batak. Pernikahan ini memiliki banyak rangkaian pernikahan adat yang sangat meriah dan membutuhkan banyak biaya untuk persiapannya.

    Namun, hal ini tidak mengurangi keindahan dari pernikahan Adat Batak. Bahkan, pernikahan Adat Batak telah menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya turis asing yang tertarik untuk mengunjungi daerah Batak dan mengenali adat istiadatnya.

    Jadi, bagi Anda yang ingin mengadakan pernikahan adat dan ingin meriah, pernikahan Adat Batak bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan. Meski memerlukan biaya yang cukup mahal, keindahan dan keunikannya sangatlah memuaskan. Semoga membantu dalam menambah wawasan terkait pernikahan adat di Indonesia.

    BACA JUGA:   Rukun Pernikahan dalam Islam

Also Read

Bagikan:

Tags