Menikah di KUA: Gratis atau Bayar? Ini Dia Biayanya

Dina Yonada

Menikah di KUA: Gratis atau Bayar? Ini Dia Biayanya
Menikah di KUA: Gratis atau Bayar? Ini Dia Biayanya

Nikah di KUA Gratis atau Bayar? Kenali Biayanya di Sini

Apakah kamu sedang merencanakan pernikahan dan masih bingung dengan biaya pernikahan adat yang mahal? Salah satu solusinya adalah dengan menikah di Kantor Urusan Agama (KUA). Di samping biayanya yang terjangkau, KUA juga menyediakan banyak kemudahan dalam proses pernikahan.

Namun, masih banyak yang bingung tentang apakah menikah di KUA itu gratis atau harus membayar sejumlah biaya. Berikut ini kami akan mengulas secara lengkap tentang biaya menikah di KUA yang perlu kamu ketahui.

Menikah di KUA Gratis?

Sebagai informasi, menikah di KUA itu gratis dengan ketentuan dilaksanakan di hari kerja yaitu dari Senin hingga Jumat. Namun, perlu kamu ketahui bahwa biaya nikah di KUA akan dikenakan apabila kamu menikah pada hari Sabtu atau Minggu. Biayanya sekitar Rp600 ribu.

Namun, biaya ini masih terbilang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan biaya pernikahan di gedung atau tempat lainnya. Jika kamu ingin menikah di hari Sabtu atau Minggu, kamu harus membayar biaya tersebut. Namun, jika kamu ingin menghemat biaya, menikah di hari kerja bisa menjadi alternatif yang baik.

Kenali Proses Nikah di KUA

Bagi sebagian orang, menikah di KUA akan memberikan banyak kemudahan dalam proses pernikahan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang proses menikah di KUA.

1. Persyaratan Pernikahan
Sebelum menikah di KUA, kamu harus memenuhi persyaratan pernikahan seperti membawa surat keterangan tidak sedang terikat status perkawinan, fotokopi KTP, serta mengisi formulir pendaftaran.

BACA JUGA:   Pandangan MUI Bukan Penghalang Menikah Beda Agama, Ini Cara Mengatasi Hukum Zina yang Menjerat

2. Pelaksanaan Pernikahan
Pelaksanaan pernikahan akan dilakukan di ruang khusus yang disediakan oleh KUA. Biasanya, dalam satu hari akan dilaksanakan beberapa kali pernikahan.

3. Acara Adat
Setiap daerah atau suku memiliki acara adat yang berbeda dalam pelaksanaan pernikahan. Pihak KUA biasanya memberikan kebebasan terhadap acara adat yang ingin dilaksanakan oleh pengantin. Namun, perlu diingat bahwa acara adat harus mengikuti aturan agama Islam.

Kesimpulan

Menikah di KUA memang memberikan banyak kemudahan dan terbilang murah dibandingkan dengan biaya pernikahan di tempat lainnya. Namun, biaya akan dikenakan apabila kamu menikah pada hari Sabtu atau Minggu. Jika ingin menghemat biaya, menikah di hari kerja bisa menjadi alternatif yang baik.

Proses pernikahan di KUA juga terbilang mudah dengan persyaratan yang terbilang cukup sederhana. Selain itu, pemilihan acara adat yang ingin dilaksanakan juga menjadi kebebasan bagi pengantin tapi perlu diingat bahwa aturan agama Islam tetap harus diikuti dalam pelaksanaan acara.

Akhir kata, bagi kamu yang ingin menikah dan ingin menghemat biaya pernikahan, menikah di KUA bisa menjadi alternatif yang menarik. Dengan mengikuti persyaratan dan aturan yang berlaku, proses pernikahan di KUA dijamin akan berjalan lancar dan terhindar dari masalah.

Also Read

Bagikan:

Tags