Walimatul Nikah dan Walimatul Ursy: Tasyakuran dan Jamuan Khusus Dalam Tradisi Pernikahan Islam

Dina Yonada

Walimatul Nikah dan Walimatul Ursy: Tasyakuran dan Jamuan Khusus Dalam Tradisi Pernikahan Islam
Walimatul Nikah dan Walimatul Ursy: Tasyakuran dan Jamuan Khusus Dalam Tradisi Pernikahan Islam

Walimatul Nikah Artinya?

Apa itu Walimatul Ursy?

Walimatul Ursy adalah acara tasyakuran yang diadakan setelah akad nikah selesai dilangsungkan. Pada acara ini, biasanya keluarga mempelai akan menyajikan hidangan makanan kepada tamu yang datang. Sajian makanan yang disediakan pada acara Walimatul Ursy beragam jenisnya, tergantung kepada keadaan dan kondisi keluarga mempelai. Pada umumnya, acara Walimatul Ursy diselenggarakan dengan nuansa yang meriah dan penuh kebahagiaan.

Arti dari Walimatul Nikah

Walimatul Nikah sendiri memiliki arti berkumpul untuk menyambut jalinan kasih yang dibangun oleh kedua pasangan tersebut. Acara walimatul nikah biasanya diadakan sebagai tanda syukur atas berlangsungnya prosesi pernikahan tersebut. Selain itu, acara ini juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar keluarga, sahabat dan sanak saudara.

Beda Antara Walimatul Nikah dengan Resepsi Pernikahan Biasa

Walimatul Nikah sering disebut-sebut sebagai pesta pernikahan atau resepsi pernikahan yang biasa. Namun, sebenarnya ada beberapa perbedaan antara Walimatul Nikah dan resepsi pernikahan biasa. Pada acara Walimatul Nikah, biasanya tidak terdapat rangkaian pengantin untuk kedua mempelai, akan tetapi acara tersebut lebih ditekankan pada jamuan khusus untuk masakan yang disajikan. Selain itu, acara Walimatul Nikah biasanya dilaksanakan setelah akad nikah selesai dan dihadiri oleh keluarga dan tetangga terdekat.

Sedangkan pada acara resepsi pernikahan biasa, terdapat rangkaian pengantin dan acara-acara yang tidak terdapat pada acara Walimatul Nikah. Seperti acara memasukkan calon pengantin oleh keluarga, menyuguhkan acara hiburan seperti tari, musik, dan lain-lain. Acara resepsi biasanya juga dihadiri oleh undangan yang datang dari berbagai daerah.

BACA JUGA:   Perlu Kah Wanita Menikah dalam Islam? Mengenali Hukum Nikah yang Berbeda-Beda Tergantung Keadaan Masing-Masing Orang.

Kelebihan Acara Walimatul Nikah

Acara Walimatul Nikah memang tidak memiliki rangkaian pengantin seperti halnya pada acara resepsi biasa, namun hal tersebut tidak berarti acara tersebut kurang meriah. Bahkan, pada acara Walimatul Nikah, lebih ditekankan pada pemberian hidangan makanan yang kaya dengan ragam jenisnya. Selain itu, acara Walimatul Nikah juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi keluarga dan memajukan ekonomi lokal, karena pada acara tersebut keluarga mempelai akan memesan makanan dari warung-warung sekitar.

Bagaimana Menyelenggarakan Walimatul Nikah?

Menyelenggarakan acara Walimatul Nikah pada dasarnya tidak terlalu sulit. Yang terpenting adalah mempersiapkan hidangan yang enak dan menyediakan tempat yang cukup untuk menyajikan hidangan tersebut. Selain itu, keluarga mempelai juga harus memperhatikan jumlah undangan yang akan datang, serta memperhatikan tata letak tempat duduk bagi para tamu.

Pada acara Walimatul Nikah, keluarga mempelai juga dapat menambahkan hiburan-hiburan ringan seperti penyanyi atau MC untuk melaksanakan acara. Namun, jika keluarga mempelai ingin lebih simpel, mereka juga dapat mengadakan acara sederhana tanpa perlengkapan atau hiburan tambahan lainnya.

Kesimpulan

Dalam pernikahan, Walimatul Nikah sangatlah penting dan menjadi satu acara yang wajib dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat. Acara ini menyampaikan tanda syukur atas terlaksananya akad nikah dan sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar keluarga. Oleh karena itu, penting bagi keluarga mempelai agar dapat menyiapkan acara Walimatul Nikah dengan baik, sehingga acara tersebut dapat berjalan meriah dan mengesankan tamu yang hadir.

Also Read

Bagikan:

Tags