Ayat Alquran Tentang Aurat Wanita

Dina Yonada

Ayat Alquran Tentang Aurat Wanita
Ayat Alquran Tentang Aurat Wanita

Aurat wanita menjadi perhatian penting bagi setiap muslimah dalam berbusana. Ayat Alquran juga memberikan penjelasan yang cukup detail mengenai aurat wanita yang harus ditutupi. Dalam surat An Nur ayat 31, Allah SWT memerintahkan agar wanita menutup auratnya.

Al Quran An Nur ayat 31: وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Ayat tersebut menerangkan bahwa wanita harus menutup auratnya, tidak menampakkan kecantikan dan hanya ditunjukkan kepada suaminya, keluarganya, atau orang terdekat yang dipercayai. Adapun pengontrolan aurat dilakukan melalui penutup kepala dan jilbab, agar aurat perut, punggung, dan bagian tubuh lainnya tertutup.

Selain dari ayat tersebut ada juga sebuah hadits yang berkaitan dengan aurat wanita, yaitu hadits dari Abu Dawud, yang berbunyi:

"Apabila seorang wanita mencapai masa balig maka tidak boleh seorangpun melihatnya kecuali pada apa yang biasa ditampakkan dari tubuhnya".

Hadits ini menjelaskan bahwa setiap muslimah harus menutup auratnya, baik ketika menemani teman maupun keluarga. Sehingga dalam berbusana, seorang muslimah harus mengutamakan auratnya yang harus tertutup dengan menutupi tubuh dari kepala hingga ujung kaki.

Dalam kesimpulannya, ayat-ayat Alquran dan hadits tentang aurat wanita memang sangat jelas dan tegas bahwa seorang muslimah harus menutup auratnya. Oleh sebab itu, wanita yang beriman harus mematuhi aturan tersebut dan memakai busana yang memenuhi syarat syar’i. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca rantai Muslim di Indonesia tentang pentingnya menutup aurat.

BACA JUGA:   JELASKAN BATASAN AURAT PEREMPUAN

Also Read

Bagikan: