Quotes Islami Tentang Larangan Pacaran

Huda Nuri

Quotes Islami Tentang Larangan Pacaran
Quotes Islami Tentang Larangan Pacaran

Pacaran adalah salah satu bentuk hubungan sosial antara dua orang yang ingin mengenal lebih dekat satu sama lain. Namun, di dalam Islam, hubungan ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Ada banyak hal dalam Islam yang bisa memperkuat alasan mengapa pacaran tidak diperbolehkan. Di bawah ini adalah beberapa quotes islami tentang larangan pacaran.

Pacaran Mengarah pada Zina

Menurut Al-Quran, melakukan zina adalah perbuatan yang sangat dilarang. Pacaran seringkali bisa membawa seseorang ke jalan yang salah, terutama ketika terjadi godaan atau godaan untuk melakukan hubungan seksual di luar nikah. Sebagian besar orang yang pacaran tidak akan fokus pada nilai-nilai spiritual yang seharusnya dijaga dalam kehidupan mereka.

Sebagai contoh, Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya pernah bersabda “Dalam suatu pergaulan antara laki-laki dan perempuan, maka setan itu pasti ada di antara keduanya.” Jadi, jika kita berurusan dengan lawan jenis tanpa perlindungan, maka setan akan masuk ke dalam hubungan kita.

Pacaran adalah Kerusakan

Ketika seseorang terlibat dalam pacaran, sebenarnya ia akan menempatkan dirinya pada posisi yang rentan. Karena di dalam Islam tidak ada konsep pacaran, maka pacaran itu sebenarnya adalah sebuah penyimpangan yang ada dalam agama. Pacar adalah seorang teman yang spesial bagi kita, tetapi kita tidak memiliki hak atau tanggung jawab atas mereka.

Seperti apa yang telah dijelaskan dalam Al-Quran surat al-Isra ayat ke-32 "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk".

BACA JUGA:   Larangan Mandi Malam Menurut Islam

Pacaran Akan Mengambil Fokus Anak Muda dari Prioritas Sejati

Pacaran seringkali bisa menjadi kesibukan yang menyita waktu dan perhatian kita. Hal ini tentu saja akan mengambil fokus dari kegiatan yang sebenarnya lebih penting dalam hidup kita, seperti beribadah, menuntut ilmu, membantu orang lain, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Allah SWT dalam Al-Quran selalu mengingatkan agar kita lebih fokus pada hal-hal yang sebenarnya penting dalam hidup kita.

Sebagai contoh, Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya pernah mengatakan, “Barangsiapa bertaubat sebelum matahari terbit dari barat, maka akan diterima (taubatnya) oleh Allah.” Hadits ini menyarankan agar kita fokus pada kegiatan penyebaran kebaikan dan berusaha untuk selalu berbuat baik entah besar atau kecil.

Pacaran adalah Ekspresi dari Kehidupan Modern yang Tidak Sesuai dengan Ajaran Islam

Masyarakat modern banyak mengejar tren yang baru dan menganggap hubungan pacaran menjadi sebuah hal yang biasa dan wajar. Namun, dalam Islam, hubungan ini dianggap sebagai sebuah kejadian yang tidak wajar dan rusak. Kita harus selalu mengembalikan diri pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hubungan interpersonal.

Sebagai contoh, Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya pernah berkata, “Barangsiapa membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT karena mengikuti keinginan Nafsunya, maka akan dibalas dua kali lipat”. Artinya, kita harus selalu fokus pada hal-hal yang lebih penting seperti mengenal Allah dan beribadah.

Kesimpulan

Dari quotes islami tentang larangan pacaran tersebut di atas, bisa disimpulkan bahwa pacaran sebenarnya tidak baik dan sebaiknya dihindari. Kita harus lebih fokus pada nilai-nilai spiritual dan selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik dalam hidup kita. Kita harus selalu mengikuti ajaran Allah SWT dan memperhatikan hal-hal yang sebenarnya lebih penting dalam hidup kita. Remember, don’t date before getting married.

Also Read

Bagikan: