Nama-Nama Larangan dalam Islam: Berkah atau Benteng?

Huda Nuri

Nama-Nama Larangan dalam Islam: Berkah atau Benteng?
Nama-Nama Larangan dalam Islam: Berkah atau Benteng?

Dalam agama Islam, ada banyak larangan yang diwajibkan untuk dipatuhi oleh umat muslim. Landasan larangan tersebut diperoleh dari Alquran dan Hadist, serta petunjuk dari para ulama. Nama-nama larangan dalam Islam ini bersifat universal, artinya harus dipatuhi oleh seluruh umat muslim di dunia, agar terhindar dari perbuatan dosa.

Nama-nama Larangan dalam Islam

Berikut beberapa nama-nama larangan dalam Islam yang perlu diketahui oleh umat muslim. Salah satu cara untuk memahami larangan secara holistik adalah dengan membaca ayat terkait dalam Alquran.

1. Larangan Memakan Babi

“Allah mengharamkan bagi kamu bangkai (mayat)… dan daging babi yang tidak disembelih (secara Islami)..” (QS Al Baqarah:173)

Larangan memakan babi ini sudah sangat populer diketahui oleh banyak orang, terutama karena babi memang sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan oleh sebagian besar orang. Namun, sering kita jumpai orang yang kadang-kadang kurang memahami kenapa daging babi menjadi haram tersebut.

2. Larangan Meminum Minuman Keras

Essensial dari pelarangan ini adalah untuk menjaga manusia dari bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh minuman beralkohol. Di samping itu, minuman keras juga memiliki efek yang dapat merusak akhlak individu dan menghancurkan tatanan sosial. Oleh karena itu, larangan ini menjadi sangat penting untuk dipegang erat oleh umat muslim.

3. Larangan Berzina

Salah satu unsur utama dalam konsep terciptanya sebuah keluarga sakinah. Tutorial melakukan hubungan intim yang berlanjut pada perkawinan yang sah di dalam islam. Oleh karena itu, zina (hubungan intim di luar nikah) menjadi sangat dilarang oleh Allah SWT.

BACA JUGA:   Larangan Mandi Malam Menurut Islam

4. Larangan Menyakiti Orang Lain

Apapun bentuk kekerasan yang ditujukan terhadap orang lain, baik itu fisik maupun psikologis, dapat membahayakan nyawa seseorang, baik mendatangkan hal buruk pada pelakunya maupun korban yang merasakannya. Oleh karena itu, larangan menyakiti orang lain menjadi salah satu prinsip penting bagi peradaban Islam.

5. Larangan Memakan Harta Riba

Harta dari riba (uang tidak halal) dikategorikan sebagai harta yang tidak bersih dan dapat mempengaruhi kehidupan di dunia maupun di akhirat. Ribawi menurut beberapa surah Alquran sangat buruk dampaknya bagi kehidupan di dunia. Oleh karena itu, sejak zaman purba, Islam melarang umatnya untuk menggunakan atau mengambil keuntungan dari harta riba.

Conclusion

Larangan yang diatur dalam Islam telah ada untuk menjaga dan melindungi umat muslim dari berbagai bahaya, baik di dunia maupun di akhirat. Namun, seiring perkembangan zaman, sebagian orang merasa pandangan Islam terhadap larangan-larangan tersebut sedang dipertanyakan. Namun, dengan mencermati ayat-ayat terkait dalam Alquran, maka kita akan memahami bahwasannya tujuan dari ke-5 larangan diatas ada sebagai benteng dan pembatas agar umat muslim senantiasa terjaga dan mendapatkan keberkahan seperti yang dijanjikan Allah SWT.

Also Read

Bagikan: