Posisi Tidur yang Dilarang dalam Islam

Dina Yonada

Posisi Tidur yang Dilarang dalam Islam
Posisi Tidur yang Dilarang dalam Islam

Apa itu Posisi Tidur yang Dilarang dalam Islam?

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi tubuh manusia. Selain sebagai waktu untuk istirahat dan melepaskan kelelahan, tidur juga dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Namun, tidak semua posisi tidur diperbolehkan dalam agama Islam. Beberapa posisi tidur dianggap melanggar aturan yang ditetapkan dalam Islam.

Posisi Tidur yang Dilarang dalam Islam

  1. Tidur Menghadap Kiblat

Posisi tidur yang pertama yang dilarang dalam Islam adalah tidur menghadap kiblat. Hal ini dikarenakan tidak pantas untuk tidur dengan menghadapkan bagian tubuh kearah kiblat. Jika seseorang merasa kantuk dan ingin tidur, maka sebaiknya ia tidur dengan posisi menyamping atau menyamping ke kanan. Bagi mereka yang sedang sakit, sebaiknya tidur dengan posisi setengah duduk dengan bantal yang ditumpuk.

  1. Tidur Menghadap Langit

Posisi tidur yang kedua yang dilarang dalam Islam adalah tidur menghadap langit. Hal ini karena dikaitkan dengan perbuatan menyombongkan diri dan meremehkan kebesaran Allah SWT. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tidur dengan posisi tertelungkup dan menjulurkan kedua tangan ke atas.

  1. Tidur dengan Kaki Menjulur

Pertama kalinya kita harus paham bahwa kita harus jaga adab dan kemuliaan saat tidur. Salah satu etika yang harus diperhatikan ialah janganlah tidur dengan posisi kaki menjulur. Hal ini bisa mengganggu orang lain dan membuat orang lain tidak nyaman saat terbangun di pagi hari.

  1. Tidur Bersimpuh

Tidur dengan posisi bersimpuh yang melipat dua tubuh layaknya manusia akan merusak tulang kita, terutama pada bagian tengkorak dan tulang belakang sehingga mempengaruhi kesehatan kita.

BACA JUGA:   Mengenal Larangan Membenci dalam Islam

Kesimpulan

Dalam agama Islam, tidur memang sangat diperlukan sebagai waktu istirahat setelah beraktifitas sehari-hari. Namun, terdapat beberapa posisi tidur yang dilarang dalam Islam karena bertentangan dengan aturan agama. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan posisi tidur dan menjaga adab serta kemuliaan dalam tidur. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang posisi tidur yang dilarang dalam Islam.

Also Read

Bagikan: