Posisi Tidur yang Dilarang Dalam Islam

Dina Yonada

Posisi Tidur yang Dilarang Dalam Islam
Posisi Tidur yang Dilarang Dalam Islam

Saat tidur, kita tanpa sadar memilih posisi dengan nyaman yang membuat kita tidur nyenyak sepanjang malam. Namun, bagi sebagian orang, tidur dengan posisi yang salah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dari sudut pandang Islam, ada beberapa posisi tidur yang dilarang karena dianggap tidak baik untuk kesehatan maupun ibadah.

Mengenal Beberapa Posisi Tidur yang Dilarang Dalam Islam

  1. Tidur Terlentang
    Tidur terlentang terkadang dianggap sebagai posisi tidur yang paling nyaman. Hal ini akan menyebabkan aliran udara tidak lancar dan bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti sleep apnea. Dalam Islam, posisi ini juga dilarang karena bisa membuat syaitan bermain-main di atas dada dan berdiam di sana.

  2. Tidur Miring Kanan
    Posisi tidur ini juga dianggap tidak baik untuk kesehatan karena bisa memicu asam lambung naik sehingga menyebabkan sakit maag. Selain itu, Islam juga melarang posisi tidur miring kanan karena bisa membuat jantung terjepit sehingga darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

  3. Tidur Miring Kiri
    Posisi tertidur miring ke kiri adalah posisi terbaik yang dianjurkan dalam Islam. Tidur dengan posisi ini dapat membantu memperkuat jantung. Selain itu, posisi ini juga bisa membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan aliran darah ke otak.

  4. Tidur Telentang dengan Kaki Miring ke Kanan atau Kiri
    Posisi tidur ini kurang disarankan karena membuat jantung menjadi kerja lebih berat dan memicu asam lambung naik sehingga menyebabkan sakit maag.

  5. Tidur Tanpa Bantal
    Tidur tanpa bantal dikatakan bermanfaat untuk mengatasi sakit leher dan nyeri kepala. Namun, imam Ahmad dan At-Tirmidzi melarang posisi tidur ini karena bisa menyebabkan masalah dengan pernapasan.

BACA JUGA:   Larangan Berpecah Belah Dalam Islam

Kesimpulan

Dalam Islam, ada beberapa posisi tidur yang dilarang karena dianggap tidak baik untuk kesehatan maupun ibadah. Diantaranya adalah tidur terlentang, tidur miring kanan, tidur tanpa bantal, dan tidur telentang dengan kaki miring ke kanan atau kiri. Sebaliknya, tidur miring ke kiri adalah posisi yang paling disarankan karena membantu memperkuat jantung, meningkatkan fungsi pencernaan, dan aliran darah ke otak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih posisi tidur yang baik untuk kesehatan maupun ibadah.

Also Read

Bagikan: