Kesimpulan Pernikahan dalam Islam

Dina Yonada

Kesimpulan Pernikahan dalam Islam
Kesimpulan Pernikahan dalam Islam

Pernikahan dalam agama Islam memiliki banyak nilai dan hukum yang harus dipatuhi. Dalam tulisan ini, akan membahas mengenai kesimpulan pernikahan dalam Islam secara lengkap dan detil.

Hukum Menikah dalam Islam

Menurut ajaran agama Islam, menikah adalah suatu perintah dan juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Dalam hal ini, hukum menikah dalam Islam adalah sunnah muakkadah, artinya suatu perbuatan yang sangat dianjurkan agar dilaksanakan. Pernikahan juga mempunyai manfaat yang besar, yaitu untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Syarat Menikah dalam Islam

Untuk dapat menikah dalam agama Islam, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, calon suami harus beragama Islam dan sudah baligh. Kedua, calon suami harus mampu mencukupi kebutuhan hidupnya dan keluarga. Ketiga, calon suami harus mempunyai sifat dan akhlak yang baik. Keempat, calon suami harus memperoleh izin dari orangtua atau wali. Kelima, calon suami harus memenuhi mahar yang sudah disepakati.

Rukun Pernikahan dalam Islam

Ada lima rukun pernikahan dalam Islam yang harus dipenuhi agar pernikahan sah. Pertama, ijab kabul atau akad nikah yaitu ijab dan qabul yang didengar oleh wali atau saksi. Kedua, saksi-saksi yang diperlukan minimal dua orang laki-laki atau satu laki-laki dan dua orang perempuan. Ketiga, mahar atau maskawin, yaitu pemberian dari suami kepada istri. Keempat, walimatul ‘ursy atau makan pernikahan, yaitu acara makan bersama dengan keluarga, saudara dan teman-teman. Kelima, saksi nikah atau penandatanganan akad nikah yang dibuat sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

BACA JUGA:   Menjelaskan Makna Selibat dan Orang Tidak Menikah Disebut dengan Bahasa yang Mudah Dipahami

Keutamaan Pernikahan dalam Islam

Pernikahan dalam agama Islam tidak hanya dianjurkan, namun sangat diutamakan. Ada beberapa keutamaan pernikahan dalam Islam seperti terhindar dari perbuatan zina, mendapatkan ketenangan jiwa, membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, serta dapat menjadi ibadah bagi suami dan istri.

Tanggung Jawab Pernikahan dalam Islam

Setelah menikah, suami dan istri mempunyai tanggung jawab untuk membentuk keluarga yang harmonis. Suami mempunyai tanggung jawab untuk mencari nafkah dan berbakti kepada orangtua serta menyayangi isteri. Sedangkan istri mempunyai tanggung jawab untuk mengurus rumah tangga, mendidik anak-anak dan menyayangi suami.

Kesimpulan

Secara lengkap, pernikahan dalam agama Islam mempunyai hukum, syarat, rukun, keutamaan, dan juga tanggung jawab. Semua itu harus dipenuhi agar pernikahan dapat dilakukan dengan sah dan membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Dalam Islam, pernikahan bukan hanya sekedar akad, namun juga sebuah ibadah yang dapat membawa berkah bagi keluarga. Oleh karena itu, pernikahan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan juga dengan sepenuh hati untuk mencapai tujuan yang mulia tersebut.

Also Read

Bagikan: