Cara Mencari Ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala

Dina Yonada

Cara Mencari Ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala
Cara Mencari Ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala

Sekarang ini, banyak orang merasa kebingungan untuk mengambil keputusan dalam hidupnya karena kekhawatiran akan mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ridho Allah adalah salah satu hal yang paling penting menjadi fokus bagi para muslim. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara untuk mencari ridho Allah dan bagaimana mendapatkan kebahagiaan sejati melalui ridho-Nya.

Mengetahui Apa yang Menjadi Kesukaan Allah Subhanahu wa Ta’ala

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan petunjuk cara mencari ridho-Nya melalui kitab suci-Nya, yaitu Al-Quran. Di dalam Al-Quran terdapat banyak hal yang menjadi kesukaan Allah seperti beriman kepada-Nya, saling tolong menolong, memberi sedekah, menunaikan ibadah haji, dan mengerjakan shalat.

Sebagai umat muslim, kita harus memahami bahwa apa yang diinginkan oleh Allah sendiri adalah baik bagi kita, entah itu berupa kebaikan di dunia maupun di akhirat. Apapun yang Allah minta dari kita harus disesuaikan dengan kemampuan kita, baik itu secara finansial maupun fisik.

Berdoa Kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Setelah mengetahui apa yang menjadi kesukaan Allah, kita bisa mulai mendoakan diri kita sendiri untuk diberi kemampuan untuk melakukan hal-hal yang Allah suka. Berdoa adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk memberikan diri kita kekuatan, semangat dan juga berkah dari Allah SWT.

Berdoa bisa dilakukan setiap saat, baik itu di waktu serius ataupun di waktu santai. Umat muslim juga disarankan untuk membaca doa-doa secara khusus sebagaimana dijelaskan dalam kitab suci Al-Quran. Salah satu doa yang bisa dibaca adalah doa berikut ini:

"Ya Allah, tanamkanlah hatiku dengan iman yang sempurna, perindahkanlah dengan taqwa serta kembangkanlah dengan ilmu agama yang luas dan lurus. Jadikanlah aku orang yang bertakwa kepada Mu, yang berkemampuan untuk melakukan semua kebaikan yang Engkau cintai dan jadikanlah aku seorang hamba yang senantiasa memohon ridho-Mu." (HR. At Tirmidzi no. 3235)

Berbuat Baik Kepada Sesama

Selanjutnya, cara lain untuk mencari ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah dengan berbuat baik kepada sesama. Allah SWT mencintai hamba-Nya yang berbakti kepada orang lain, entah itu dengan memberikan sedekah atau bahkan hanya dengan memberi senyum. Berikut merupakan beberapa amal yang bisa membantu kita untuk mencari ridho Allah melalui perbuatan baik:

  • Membantu orang yang membutuhkan
  • Menjenguk orang sakit
  • Menjaga silaturahmi dengan keluarga
  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
  • Memberikan sedekah
BACA JUGA:   Cara Mendapatkan Pertolongan Allah dengan Cepat

Istighfar

Istighfar merupakan sesuatu yang sangat penting bagi umat muslim dalam mencari ridho Allah. Istighfar artinya memohon ampunan atas semua dosa yang telah diperbuat. Dalam Islam, dosa dapat menghalangi seseorang untuk mencari ridho Allah. Maka dari itu, istighfar diperlukan agar kita bisa terus mencari ridho-Nya.

Beberapa doa istighfar yang bisa kita ucapkan adalah:

“Astaghfirullahaladzim, alladzi laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qayyumu wa atubu ilaih” (HR. Ahmad, Abu Dawud, An-Nasai, Ibn Majah)
Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup dan yang terus berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.”

Kesimpulan

Mencari ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadi sangat penting bagi umat muslim dalam hidupnya. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memperoleh ridho Allah, di antaranya adalah mengetahui apa yang diinginkan olehNya, berdoa dengan sungguh-sungguh, menjalankan perbuatan baik kepada sesama, dan istighfar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam mempelajari bagaimana cara mencari ridho Allah dan mendapatkan kebahagiaan yang sejati di dunia maupun di akhirat.

Also Read

Bagikan: